Home > Berita > Dalam Upaya Menyejahterakan Masyarakat Secara menyeluruh, Bupati Meresmikan Layanan Listrik 24 Jam dan 100 Persen Kompor Induksi Untuk Pelanggan PLN di Pulau Liu-liu

Dalam Upaya Menyejahterakan Masyarakat Secara menyeluruh, Bupati Meresmikan Layanan Listrik 24 Jam dan 100 Persen Kompor Induksi Untuk Pelanggan PLN di Pulau Liu-liu

Membalong, MediaCenter – Bupati Belitung H.Sahani Saleh, S.Sos didampingi Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si dan General Manager PT. PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung Abdul Mukhlis meresmikan Layanan Listrik 24 jam dan 100 persen Kompor Induksi bagi Pelanggan PT. PLN di Balai Pertemuan Pulau Seliu, Rabu 22 mei 2019.

Acara peresmian ini berlangsung khidmat dan penuh suka cita bagi masyarakat pulau seliu, yang memang selama ini belum mendapatkan layanan ini secara maksimal. Salah satu bentuk eksistensi PLN ini patut diapresiasi, dikarenakan memang tidak mudah untuk menyediakan pelayanan ini di daerah terpencil seperti pulau Seliu ini. Kehadiran layanan ini memberikan kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat pulau Seliu, selain bisa menopang kehidupan rumah tangga sehari-sehari, listrik ini juga memberikan dampak pada dunia pendidikan serta perekonomian masyarakat setempat.Seperti yg diungkapkan salah warga yg tidak ingin menyebutkan identitasnya ini “Alhamdulillah pak, nyaman juwak biak-biak kecit nak belajar ngetik”

Kepala Desa Pulau Seliu Edyar dalam sambutannya mengungkapkan kedepannya akan banyak program PLN yg akan dijalankan untuk menunjang kesejahteraan ekonomi masyarakat pulau yg akrab dikenal dengan sebutan liu-liu ini.
“Bahwa ini langkah awal kami sebagai masyarakat pulau seliu, dan kami mengundang para investor yg ingin berinvestasi membangun pulau seliu untuk mewujudkan pulau seliu sebagai pariwisata minabolita, selain itu pariwisata sektor perikanan tetap kami kembangkan”
Ia juga mengungkapkan bahwa pulau seliu merupakan daerah penghasil kepiting terbesar di kabupaten Belitung, namun disayangkan selama ini hanya bisa jual sebagai bahan baku, karena memang selama ini tidak memiliki fasilitas pengolahan, dan adanya listrik 24 jam ini merupakan langkah awal pemenuhan fasilitas pengolahan yg sangat berguna kedepannya untuk mengembangkan kegiatan perekonomian.

Senada dengan Edyar Waki Bupati Isyak Meirobe, S.Sn, M.Si mengungkapkan bahwa nantinya akan dilakukan pengembangan lebih lanjut. “nantinya pulau seliu akan dibangun master DED, biar anggaran lebih jelas untuk (pembangunan) masyarakat” ujarnya. Ia mengungkapkan keberhasilan ini tidak lepas dari peran serta masyarakat pulau seliu dan komunitas moyang yang telah melakukan perencanaan dengan sangat matang sehingga layanan ini bisa terlaksana “anda adalah masa depan Indonesia, dengan listrik tidak 24 jam mengganggu pelayanan publik, sekarang internet sudah bisa 24 jam” ungkapnya sembari tersenyum. “ini seperti mimpi yang terwujud bagi masyarakat pulau Seliu” tambahnya.

Sementara itu dalam sambutannya General Manager PLN Abdul Mukhlis menambahkan selain menyediakan layanan listrik 24jam, pihaknya juga telah mewujudkan 100 Persen kompor induksi untuk masyarakat Pulau Seliu. kompor induksi ini diberikan sebagai pengganti kompor gas elpiji dan minyak tanah yang selama ini digunakan oleh masyarakat. Tentunya dengan fasilitas yang mumpuni ini diharapkan dapat memaksimalkan kegiatan rumah tangga, sehingga warga memiliki cukup banyak waktu untuk melakukan aktivitas lainnya.
Ia juga menambahkan bukan hanya Pulau Seliu saja, tapi PLN sebagai penyedia listrik berkomitmen akan terus berupaya melayani dan memenuhi fasilitas listrik
“Pln komitmen melistrikkan pulau¬≤ terluar dipulau yg belum terjangkau”tambahnya.

Sebagai pelayan masyarakat dalam sambutannya Bupati Belitung H.Sahani Saleh, S.Sos mengungkapkan kebahagiaannya “ini suatu hal yg sangat menggembirakan, untuk menunjang kegiatan masyarakat pulau seliu”ujarnya. Ia juga menambahkan tentunya dengan ini aktivitas akan menjadi lebih efekif, terutama bagi ibu-ibu rumah tangga yang memang sangat banyak memerlukan listrik untuk memasak, mencuci serta mendukung aktivitas lainnya.

Selain itu Bupati Sahani juga menunjukkan kepeduliannya disektor yang lain, Ia menghimbau pemerintah Seliu untuk segera mencanangkan perbaikan jalan di Pulau Seliu yang dianggapnya jalan tersebut sudah sangat tidak layak untuk dilalui, Sahani ingin pembangunan dilakukan disegala bidang, tidak hanya selesai dilistrik ini saja, dikarenakan jalan yang baik dan layak tidak kalah pentingnya untuk kesejahteraan masyarakat.(Randa/IKP/MC)