Bandung, Media Center – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung, Mohammad Iqbal hadiri Forum Kehumasan 2024. Kegiatan ini di kota Bandung, Kamis (10/10/2024) dan dihadiri oleh ratusan insan humas pemerintah di seluruh Indonesia.
Direktur Tata Kelola dan Kemitraan, Kemenkominfo, Hasyim Gautama, menyebut humas memiliki peran besar dalam menyebarkan infomasi pemerintah kepada masyakat. Humas juga harus dapat melibatkan partisipasi masyarakat hingga meningkatkan dapat meningkatkan kepercayaan publik.
“Melalui strategi komunikasi yang tepat kita juga bisa menonjolkan potensi budaya, potensi ekonomi, dan lainya hingga menarik investasi untuk daerah,” ucap Hasyim.
Bagi Hasyim kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahun humas pemerintah. Selain itu kegiatan ini juga bisa menjadi wadah koordinasi dan kolaborasi antara humas pusat dan daerah sehingga nantinya tercipta pemahanan bersama.
Dodi Zulkifli, Praktisi Branding menyebut humas memiliki peran dalam banyak hal. Salah satu peran humas adalah untuk melakukan city branding.
“City branding akan lebih mudah jika memiliki sumber daya alam. Namun bukan tidak mungkin jika tidak punya. Caranya adanya dengan menciptakan keunikan dari lokasi tersebut,” ucap Dodi.
Dodi juga menyebutkan ada banyak cara yang bisa dilakukan Pemerintah Daerah untuk melakukan city branding. Ada 4 jenis city branding, destination branding, economic branding, inovation branding dan culture branding.
Lanjut Dodi menyebut ada hal yang sangat penting dalam proses city branding yaitu tahapan city branding. Tahapan city branding tersebut diantaranya adalah dengan perencanaan blue print city branding, kemudian membuat brand delivery dan terakhir membangun brand equity. Peran humas dalam hal ini adalah melakukan kampanye dalam membangun brand equity. (Narasi : Arlan / Redaktur : Verry)