Tanjungpandan, Media Center – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, memberikan pelayanan prima bagi WBP dan masyarakat, Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Kanwil Kemenkumham Babel meluncurkan 2 Inovasi Unggulan Pelayanan Publik. Kedua Inovasi tersebut diluncurkan dengan menggunakan istilah daerah agar lebih mudah dikenal dan dekat dengan masyarakat. Inovasi yang pertama disingkat dengan Manggar merupakan Mobil Antar Keluarga Sampai Rumah, dan selanjutnya adalah Kater yang merupakan singkatan dari Loket Layanan Terpadu & Registrasi.
Kepada Media Rabu (22/9/2021) Kasi Binapi Giatja Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Hardiansyah melalui Kasubsi Registrasi & Bimkemas Endang Meidiansyah, S.AP menjelaskan hadirnya 2 Inovasi Layanan Publik unggulan ini adalah sebagai bentuk dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pada umumnya dan warga binaan pemasyarakatan (WBP) pada khusunya guna terciptanya kenyamanan, kepuasan dan komunikasi dalam membangun citra positif Pemasyarakatan yang lebih baik. Inovasi Manggar merupakan Layanan Mobil yang mengantar WBP pada saat bebas sampai kerumah untuk bertemu dengan keluarganya dirumah. Layanan ini dapat diakses langsung ke Subsi Registrasi & Bimkemas untuk melengkapi surat permohonan dan melampirkan surat keterangan tidak mampu oleh pihak Desa setempat. Layanan ini kita tujukan bagi Keluarga WBP yang tidak memiliki kemampuan untuk menjemput keluarganya di Lapas pada saat bebas. Kita banyak menemukan WBP yang bingung pada saat bebas, harus pulang dengan siapa, sedangkan keluarganya jauh dari kota Tanjungpandan dan tidak memiliki kendaraan, keprihatinan ini menjadi semangat bagi kami untuk membuat sebuah inovasi Mobil Antar Keluarga Sampai Rumah dengan memanfaatkan Kendaraan Transpas (Transportasi Pemasyarakatan), sehingga hari pembebasan tersebut benar – benar menjadi hari yang membahagiakan bagi mereka (WBP & Keluarga), jelas Endang
Seraya menambahkan, Inovasi Layanan Kater (Loket Layanan Terpadu & Registrasi) merupakan Loket Layanan Informasi Terpadu dan Registrasi bagi WBP baik Narapidana maupun Tahanan dalam mendapatkan Informasi Layanan Pembinaan di Lapas. Selain itu di Loket tersebut juga disiapkan Layanan Self Service, bagi WBP dan Masyarakat yang ingin mengases informasi tahapan pembinaan, Integrasi hingga ekspirasi. Diruangan tersebut juga disiapkan Ruang Laktasi (Ruang Menyusui) dan Ruang bermain bagi anak – anak, sembari menunggu Petugas dalam mempersiapkan informasi yang diminta. Kami berharap semua layanan yang dihadirkan ini dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi WBP serta masyarakat, harap Endang
Sementara itu Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit, SH, MH menjelaskan pihaknya saat ini terus berbenah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Kita mulai dari peningkatan kedisiplinan khususnya petugas yang berhadapan langsung dengan masyarakat sebagai penerima layanan. Selanjutnya kita melakukan berbagai perubahan / renovasi untuk menambah kesan humanis dari Lapas Kelas IIB Tanjungpandan. “Jadi tidak ada lagi kesan Lapas itu menyeramkan”, terlenih beberapa waktu lalu kita mendapatkan kunjungan dari Kakanwil Kemenkumham Babel Drs. Anas Saiful Anwar, Bc.IP, M.Si berserta Kadiv Administrasi, banyak masukan – masukan yang diberikan dan langsung kami eksekusi segera. Kita Optimis seluruh jajaran dalam kondisi yang semangat penuh inovasi dan berintegritas dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, jelas Romiwin. (Kontributor Lapas)