Tanjungpandan, Media Center – Mal Pelayanan Publik resmi beroperasi. Pengoperasian ditandai dengan soft opening di Kantor Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Perindustrian, Selasa (5/11/2024).
Kadis Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Perindustrian, Roni Setiawan menyebut MPP Kabupaten Belitung menyediakan layanan dari 13 OPD dan instansi vertikal. Adapun OPD yang memberikan pelayanan di MPP diantaranya: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kesehatan, Dindikbud, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Perindustrian.
Untuk instansi vertikal yang menitipkan layanannya yaitu Kantor Kemenag, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Loka POM, Badan Pertanahan Nasional, dan Lembaga Pemasyarakatan. Roni berharap instansi lainnya dapat bergabung untuk memberikan pelayanan di MPP.
“Bagi beberapa OPD Kabupaten maupun Instansi Vertikal, BUMN, dan BUMD yang belum menyampaikan produk layanan dan yang sudah menyampaikan produk layanan seperti PDAM dengan 4 (empat) Produk Layanan, Bank Sumsel Babel dengan 15 (limabelas) Produk Layanan agar nantinya bersedia bergabung dan siap memberikan pelayanan terbaiknya pada MPP Kabupaten Belitung,” ucap Roni
Pj. Bupati Belitung, Mikron Antariksa menyebut dengan beroperasinya Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Belitung akan memudahkan masyarakat untuk mendapat pelayanan publik. MPP Kabupaten Belitung nantinya akan menyediakan lebih 1.400 layanan untuk masyarakat.
“Ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, cepat, dan transparan kepada seluruh masyarakat,” ucap Mikron.
Keberadaan MPP ini diharapakan Mikron dapat menjadikan pelayanan tidak lagi terpisah. Dengan pelayanan yang terpadu seluruh kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi di satu tempat. (Narasi : Arlan / Redaktur : Verry)